PENETAPAN 1 RAMADHAN 1433 H.
MESKIPUN ADA PERBEDAAN, JANGAN JADIKAN SEBAGAI PEMICU KONFLIK DAN PERPECAHAN! TETAP JAGA UKHUWAH ISLAMIYAH!

Assalamu'alaykum wr. wb.

Sebagaimana Ramadhan dan Syawal tahun 1432 H yang lalu, maka pada tahun ini diperkirakan akan terjadi lagi perbedaan didalam penentuan permulaan ramadhan. Namun kami menghimbau kepda seluruh kalangan umat Islam Indonesia, agar tidak menjadikan perbedaan ini menjadi pemicu konflik ataupun perpecahan dikalangan umat Islam. Fenomena ini adalah hal yang umum dan harus disikapi secara arif dan penuh toleransi. Sebab yang harus kita pahami bahwa masing-masing kelompok ataupun organisasi tertentu insya Allah memiliki dasar rujukan yang sama-sama sahih dan sesuai syari'ah. Hanya saja barangkali karena adanya sedikit perbedaan metoda dalam penentuan tersebut, maka akan memungkinkan terjadi perbedaan keputusan.

Untuk diketahui, bahwa dari perjalanan bulan pada waktu maghrib di akhir bulan Sya'ban, tepatnya tanggal 19 Juli 2012, berdasarkan kalender Muhammadiyah, sebenarnya bulan telah wujud atau tampak di sebagian wilayah Indonesia khususnya wilayah bagian Barat. Sehingga 1 Ramadhan bisa ditetapkan jatuh pada tanggal 20 Juli 2012.

Kondisi tersebut berbeda dengan kriteria hilal berdasarkan imkan rukyat. Imkan rukyat adalah kriteria bulan yang disepakati pemerintah Indonesia melalui kementrian Agama Indonesia adalah minimal 2 derajat diatas ufuk. Bagi mereka, kondisi hilal dibawah 2 derajat diatas ufuk tidak mungkin bisa dirukyat pada tanggal 19 Juli 2012, sehingga pemerintah Indonesia melalui kementrian Agama kemungkinan besar akan menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 21 Juli 2012.

Dengan adanya perbedaan ini, hendaknya tidak membuat anda bingung. Silahkan ikuti mana yang paling anda yakini! Toh sebagai makmum, anda tidak akan rugi bila tersalah (pahala tidak hangus). Dan jika yang anda ikuti itu benar, maka dobel pahalanya untuk anda. Dan ketahuilah, bahwa yang paling bersalah adalah mereka yang tidak menjalankan  ibadah puasa... tentu saja...!

Selamat menyongsong bulan Ramadhan yang penuh berkah, penuh rahmat dan ampunan. Mari saling berlomba meningkatkan amal ibadah untuk meraih gelar takwa disisi Allah SWT. Dan sebelum kita sama-sama khusuk beribadah, perkenankan kami dari segenap jajaran pengurus Pondok Pesantren Al Ikhwan menghaturkan permohonan  maaf atas segala salah dan khilaf yang pernah tercipta baik disengaja maupun tidak sengaja, sehingga Allah berkenan menerima dan membalas segala amal ibadah kita di bulan yang suci. Insya Allah... Amin ya robbal alamiin.

Wassalamu'alaykum wr. wb.

No comments:

Post a Comment