Tanggal

Topik Terhangat

Mengenang Kiprah Rahimahullah KH. Abdul Ra'uf, HM

KH. Drs. Abdul Ra'uf, HM., atau biasa disapa oleh jama'ah dan murid-muridnya dengan panggilan Kiyai Abdul Ra'uf, Ustadz Ra'uf atau Bapak Ra'uf, adalah sosok ulama yang baik, santun dan juga murah senyum.

Beliau dikenal sebagai seorang ulama yang sangat perduli dengan keadaan Umat Islam, khususnya di Bekasi dan sekitarnya. Hal ini terbukti dari keseriusan sepak terjangnya dalam kancah dakwah yang dilakukan sepanjang hidupnya, hingga akhir hayatnya.

Bapak Kiyai Abdul Ra'uf mengawali kiprah Dakwah dari Muhammadiyah sebagai pengajar di SD Muhammadiyah 47 Bekasi dan PGA Muhammadiyah Bekasi. Selain itu beliau juga mengajar pengajian-pengajian di Masjid-masjid maupun Mushola di Bekasi, Jakarta dan juga kota-kota lainnya.

Keseriusan beliau dalam kancah dakwah yang senantiasa mengedepankan pembinaan generasi Islam dibuktikan dengan penolakannya ketika ditawari posisi serta jabatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), beliau memilih tetap istiqomah dalam kancah dakwah yang murni, yang memberikan pencerahan pada nilai-nilai keimanan, ketauhidan dan ketakwaan yang totalitas.

Disamping itu, kepekaan jiwa sosialnya yang tinggi, beliau zahirkan dengan membangun Pondok pesantren yang khusus menampung santriwan dan santriwati dari kalangan yatim piatu dan dhuafa, diantaranya ada Ponpes Al Ikhwan di Setu Bekasi, Ponpes Daarut Taubah, Ponpes Al Furqon di Sentul, dan lain sebagainya.

Sebelum Kiyai Abdul Ra'uf wafat, beliau sempat mendapat amanah sebagai Ketua Dewan Syuro Aliansi Nasional Anti Syi'ah Bekasi Raya, yang memeperjuangkan dan sekaligus menjaga kesucian serta kemurnian Dinul Islam. In sya Allah segala kiprah beliau dalam kancah dakwah, menjadi bukti catatan amal sholih beliau semasa hidup, yang manfaatnya bisa dirasakan juga oleh banyak orang selama-lamanya. Aamiin ya Robbal 'alamiin.

(Disarikan dari catatan pribadi: Andre Wijayanto)


Profil KH. Abdul Ra'uf, HM Rahimahullah:

Tempat/tanggal lahir:
Bima, 10 April 1949

Wafat:
Bekasi, 24 Maret 2016 Pukul 23.45

Pendidikan:
- SRN Bima (1961)
- PGA 4 Bima (1965)
- PGAN 6 Bogor (1968)
- Univ. Muhammadiyah Jakarta S1 (1990)

Riwayat Organisasi:
- Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Bekasi (1974-1979)
- Ketua Majelis Tabligh PD Muhammadiyah Bekasi (1976-1979)
- Ketua Majelis Tarjih PD Muhammadiyah Bekasi (1979-1985)
- Sekretaris Majelis Tarjih PW Muhammadiyah DKI Jakarta (1990-1995)
- Ketua Majelis Pustaka PW Muhammadiyah DKI Jakarta (1990-1995)
- Ketua PD Muhammadiyah Kota Bekasi (2000-2010)
- Pressdium Kongres Umat Islam Bekasi (2010)
- Wakil Ketua PW Muhammadiyah DKI Jakarta (2010-2015)
- Ketua Dewan Syuro Aliansi Nasional Anti Syi'ah Bekasi Raya (2016-wafat)

No comments