LOGO & ARTI LOGO



Arti & Makna Logo:

A. Filosofi Gambar
    Logo terdiri dari lima bagian dengan makna sebagai berikut :
1.     Garis geometri segi delapan melambangkan penjuru mata angin, dimana sasaran dakwah perjuangan Islam melalui wadah Pondok Pesantren Gratis Al Ikhwan ini diharapkan mampu menggaung hingga ke seluruh penjuru dunia.
2.     Garis melengkung dan sebuah kitab mencerminkan sikap kebulatan tekad dalam membuka wawasan serta daya fikir yang cerdas seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Garis melengkung mencerminkan pula rasa persaudaraan serta kepedulian terhadap sesama, memberikan naungan dan perlindungan bagi kaum yang lemah. 
3.     Bangunan masjid melambangkan wadah sarana prasarana penempaan dan pendidikan bagi para sumber daya muda yang menimba ilmu di Pondok Pesantren Gratis Al Ikhwan.  
4.     Gambar bintang melambangkan cita-cita tinggi lagi mulia.

B. Filosofi Warna
    Logo terdiri dari empat warna dasar yang memiliki makna:
1.      Warna dasar “Hijau”.
Yang dalam tradisi Islam disimbolkan sebagai elemen warna surga, sebagaimana di dalam Al-Qur’an Surat Al Kahfi ayat 31, digambarkan bahwa para penghuni surga mengenakan pakaian dari sutera berwarna hijau. Hijau juga merupakan simbol harapan, pertumbuhan, regenerasi, kesuburan, dan juga kelahiran.
2.      Warna dasar “Kuning”.
Sebagaimana sifat dari warna kuning yang terlihat aktif dan mencolok, maka untuk Pondok Pesantren Gratis Al Ikhwan, warna kuning mencerminkan kebahagiaan dan energi, selalu memiliki gairah untuk berbuat dan bekerja demi menghasilkan sesuatu yang terbaik.
3.      Warna dasar “Oranye (Jingga)”.
Mencerminkan kesegaran (seperti jeruk), antusiasme dan daya kreativitas yang tinggi. Warna oranye juga disimbolkan sebagai warnanya Ilmu Pengetahuan.
4.      Warna dasar “Hitam”.
Warna Hitam mewakili ketegasan arah dan tujuan yang ingin dicapai.